Rabu, 08 Agustus 2012

Sopan-Santun Di berbagai Dunia



Tingkah laku yang kita anggap sopan menurut kita, belum tentu di belahan bumi lain.Globalisasi semakin menambah rumit masalah sopan santun. Dinegara asal anda boleh menjadi panutan, tapi jangan harap dibelahan dunia lain anda seperti dinegara asal.
Saat bepergian ke luar negeri, tentu kita tak mungikn mengenal adat istiadat suatu tempat dalam 1-2 hari saja. Kenyataanya, tuan ramah pun tak berharap demikian. Yang terpenting adalah menunjukan bahwa anda memiliki sikap sopan santun yang tepat.

1. Portugal 

Orang Portugal terkenal dengan gila sepak bola. Jika anda penggemar atau setidaknya pernah mendengar Figo, Nani atau Ronaldo, maka orang Portugal akan merasa cocok dengan anda. Jangan lupa memuji kelezatan makanan gaya Medeterania mereka. Tapi hati-hati di jalan, sebab lalu lintas di Portugal dikenal sebagai yang paling berbahaya di dunia.

2. Turki


Orang Turki ramah-ramah, jadi jangan kaget apabila ditanya soal silsilah keluarga, padahal anda belum lama berkenalan. Saat diundang makan, cicipi semua makanan yang tersaji. Apabila dalam sebuah jamuan makan seseorang meninggalkan meja makan, maka orang lain akan berhenti makan sampai orang tersebut kembali.
   Tawar-menawar harga hanya dilakukan di pasar atau pedagang kaki lami, jangan coba-coba di supermarket. Ucapakan " Merhaba" untuk memberi salam

3. Amerika Serikat

Dinegara ini, tidak mudah menerka tingkat keakraban dalam bergaul. Orang dengan mudah menyapa Anda dengan nama depan anda, bertanya mengenai negara asal dan tempat tinggal Anda  sambil bilang "see you later". Tapi jangan terlalu dipikirkan. Memulai pembicaraan bisnis adalah seni tersindiri. Awali dengan obrolan seputar olahraga -bangsa amerika gandrung olahraga- sebelum perlahan membicarakan sesuatu yang penting
    Anda seorang perokok? Siap-siap terusir dan terpaksa merokok di area khusus. Meski orang Amerika gemar minum alkohol, minum minuman keras di larang di jalan-jaln umum. kaum wanita sebaiknya mencukur bulu ketiak dan kaki. Kebersihan dan kerapian berpakaian adalah hal utama di negara ini. Usahakan madi sebelum bepergian.

4. Jepang

Orang Jepang punya cara unik untuk mengucapkan salam yaitu dengan membungkuk. Perhatikan sudut bungkuk anda. Membungkuk sedalam 45 derajat cukup dianggap sopan.Orang asing biasanya diberi salama dengan jabat tangan. Di Jepang, lantai bukan hanya tempa berjalan, tapi juga tempat duduk dan tidur. Jadi lepaskan sepatu anda sebelum memasuki kediaman seseorang. Apabila seseorang bersin,Orang jepang akan memalingkan muka dan pura-pura tidak melihatnya. 
      Budaya Jepang sangat menghormati rang yang lebih tua. Pimpinan perusahaan biasanya yang lebih tua dan hal biasa untuk mereka untuk mereka tidur dikala rapat. Asal tahu saja, tertidur selam rapat adalah simbol bahwa sang direktur memberikan kepercayaan kepada anak buahnya.

To be continue.........................




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More