Sabtu, 18 Agustus 2012

Rahasia di Balik Google





        Saya tengah panik dan dikejar oleh waktu di keheningan malam pada suatu hari di bulan Juni. Hari esok adalah deadline Tugas akhir Sosiolinguistic. Tidak ambil pikir panjang, saya nyalakan notebook dan tidak lupa plug-in modem saya ke port USB. Setelah tersambung dengan internet, Mulai mengetik domain www.google.co.id. halaman utama Google pun terbuka dan mulai mengetikkan 2 kata -Interferensi             Bahasa- di google search engineKurang dari setengah detik, Google menjelajah 170.000 halaman website, memilih 4.340 di antaranya yang mengandung dua kata tersebut, lalu menampilkan sepuluh hastuil pertamanya di layar monitorku. Saya klik urutan pertama yang ditampilkan Google, yaitu Language-literature.blogspot.com. Dan terpampanglah disana penjelasan tentan interferensi language secara detail.
      Ini bukan hal pertama kalinya saya mendapat informasi tepat.yang akurat, kilat dan tentu saya bukan saya satu-satunya . Perlu diketahui, setiap hari Google merespon 150 juta pertanyaan dari, hampir 40% dari permintaan pencarian melalui internet dari seluruh dunia. Tapi kita tidak mengetahui bagaimana cara mesin Google bekerja untuk mendapatkan website yang kita cari. Dibawah ini merupakan proses Google bekerja mencari jawaban apa yang kita cari:
  • Dalam waktu 10 milidetik "pustakawan" mengecek cache, yaitu rangkaian 12 komputer yang berfungsi menyimpan semua halaman yang baru diakses. "pustakawan" memeriksa apakah pertanyaan tadi sudah pernah masuk. Belum, jawab cache. Pustakawan mengirimkan pertanyaan saya ke sebuah mixer.
  • 45 milidetik, mixer itu mengirim pertanyaan saya ke 50 komputer yang menyimpan miliyaran kata dalam "tumpukan jerami" Pertanyaannya adalah: "apa yang kau miliki tentang interferensi bahasa?". Salah satunya berkata, "Ini 70 halaman yang menempati urutas teratas." Lainnya berkata, "Disini ada 32." Mixer tersebut menyatukan seluruh halaman yang berjumlah 4.340 dalam daftar, dimulai dengan Language-literature.blogspot.com/2010/04/interferensi-bahasa.html pada saat itu memperoleh peringkat tertinggi.
  • 85 milidetik kemudian, mixer kembali ketumpukan jerami. "Aku ingin halaman ini, dan tampilkan kata interferensi bahasa dengan huruf tebal," perintahnya. Seribu halaman pertama dikutip dan sepuluh peringkat pertama didaftar, termasuk halaman diatas dan halaman lainya.
  • 90 milidetik tampilan akhir dari halaman tersebut diperiksa lagi, dan tak sampai sedetik setelah aku mengetik pertanyaan saya, daftar tersebut sudah muncul di layar notebook.
Bagaimana dengan tugas akhir Socio saya duet dengan Google? " Alhamduliah selesai", saya bisa tidur nyenyak tanpa ada beban. Terakhir saya teringat sebuah kutipan di akhir video klip Radiohead feat Mtv Exit " some things cost more than you realise".

SUMBER:
John Dyson (Reader Digest)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More