Kamis, 16 Agustus 2012

Gosipp???? Ternyata penting





    Setiap orang pasti sering mendengar kata gosip. Mungkin saja, sebagian orang beranggapan bahwa bergosip itu hal yang menyenangkan. "Bergosip" sangat identik sekali dengan kaum wanita, Eits ... tapi jangan salah kaum pria juga senang bergosip. Tapi, bagi yang suka gosip atau bergosip jangan khawatir karena menurut Psikolog bergosip itu menyehatkan mental kita.
     Bergosip merupakan cara untuk mempertahankan status sosial dan hubungan pertemanan. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang Profesor dari Knox Collage, Frank McAndrew. Dia juga menambahkan bahwa dengan bergosip kita mengenal siapa diri kita dan bagaimana posisi kita dalam lingkungan sosial. Terdapat fakta menarik tentang bergosip, Jika objek gosip adalah seorang dengan status sosial yang lebih tinggi dari kita, biasanya kita akan lebih tertarik mendengar hal-hal negatif tentang dia. Pasti anda akan mengangguk ketika membaca hal tersebut dan anda akan berkata "Mengapa"?. Alasannya adalah informasi yang negatif mengenai orang itu dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan status sosial kita, sekaligus menjatuhkan martabat orang itu. Tapi jika gosip itu mengenai seseorang yang kita rendahkan, kita akan mendengar dengan  cermat. Jangan-jangan orang itu lebih beruntung daripada kita
  Gosip juga bermanfaat untuk menegakan standar moral di suatu komunitas. Bila dua orang memperbicanagkan seseorang yang melakukan tindakan yang menyimpang berarti mereka talah menetapkan hal-hal yang tabu dan pantas di lingkungan mereka. Selain itu, Kate Fox menambahkan bahwa gosip tentang hal yang penting dapat membantu kita menetapkan, mendiskusikan, menyebarluaskan dan menaati peraturan tidak tertulis.
   Menurt McAndrew, kabar yang tak menyenangkan tentang diri kita, dapat dijadikan sebagai bahan intropeksi kita. "Gosip dapat menjadi alat bagi kita untuk membandingkan diri denag orang lain". Gosip juga alat untuk mentingkap sebuah kebenaran. Hal tersebut ditegaskan oleh Ronald de Sousa, seorang Filsuf, dengan bergosip kita saling bertukar kebenaran yang kalau tidak di bicarakan tidak akan pernah terungkap selamanya. Gosip memberi gambaran yang lebih jelas bagaimana kehidupan manusia sesungguhnya.

Sumber:
Reader Digest



Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More